Silabus PTK

SILABUS MATA KULIAH

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nama Mata Kuliah      : Penelitian Tindakan Kelas

Kode Mata Kuliah       : KTP 160

Bobot Mata Kuliah      : 2 SKS

Dosen Pembina             : 1. Prof. Dr. H. Nurtain

2. Drs. Syafril, M.Pd.

A.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Penelitian tindakan kelas pada program studi Teknologi Pendidikan merupakan mata kuliah Keahlian Berkarya  yang merupakan lanjutan dari mata kuliah Metode Penelitian. Mata kuliah ini berisikan tentang konsep dasar Penelitian Tindakan Kelas, perbedaannya dengan penelitian formal, Asas-asas PTK, kelebihan dan kekurangan PTK, Desain dan prosedur PTK,  Proses dasar PTK, jenis PTK, teknik pemantauan dalam PTK, langkah-langkah PTK, dan penulisan laporan.

B. Kompetensi yang diharapkan

Setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki mahasiswa adalah, mereka mampu :

1.      menjelaskan pengertian PTK

2.      membedakan PTK dan penelitian formal

3.      menjelaskan Asas PTK

4.      menjelaskan karakteristik PTK

5.      memaparkan kelebihan dan kekuranagn PTK

6.      menjelaskan proses dasar PTK

7.      mengikuti langkah-langkah PTK

8.      menjelaskan desain PTK

9.      menyususn proposal PTK

10.  menggunakan teknik dan alat pengumpul data PTK

11.  melakukan PTK dan analisis data

12.  menyusun laporan PTK

C.    Sistem Penilaian

Mahasiswa yang akan diberi nilai adalah mahasiswa yang terdaftar dan mengikuti mata kuliah tidak kurang dari 80% dari kegiatan perkuliahan dan melengkapi semua tugas yang diberikan. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam pemberian nilai adalah : kehadiran dalam kuliah, partisipasi, hasil ujian tengah semester, hasil ujian akhir semester, tugas dan latihan. Pemberian bobot nilai adalah sebagai berikut :

 

No Aspek yang dinilai Persentase penilaian
01.

02.

03.

04.

05.

Aktivitas dan partisipasi

Ujian Tengah Semester

Ujian Akhir Semester

Proposal PTK

Laporan PTK

15%

20%

20%

20%

25%

  Jumlah 100%

D.    Strategi Perkuliahan

Strategi yang dilaksanakan dalam perkuliahan ini dimulai dengan penjelasan singkat dari dosen, kemudian dilanjutkan dengan diskusi, Tanya jawab, dan penugasan. Secara umum strategi perkuliahan meliputi :

    1. Kulponsi (kuliah – responsi)
    2. Pemberian tugas
    3. Presentasi dan diskusi

 

E.     Buku Sumber

Burhanuddin Yasin dan Syahbuddin AR. (2002). Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Efektif Perbaikan Mata Pembelajaran dan Prestasi Siswa). Malang: UNM dan Dinas Pendidikan Provinsi NAD serta UNSYIAH.

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Pedoman Teknis Pelaksanaan Classroom Action Research (CAR) Edisi Revisi. Jakarta: Depdiknas, Ditjen Dikdasmen Ditektorat SLTP.

FX Soedarsono. (1996/1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kedua: Rencana, Desain dan Implementasi. Ditjen Dikti Depdiknas, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagpro Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unit Pengelola Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Unit Kendali Mutu Penelitian Sekolah Dasar di IKIP Yogyakarta.

I.G.A.K Wardani, Kuswaya Wihardit dan Noehi Nasution. (2003). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Kadiawarma, (1990). Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Dari Kelas Kami Untuk Kelas Anda. Bandung: Program Pasca Sarjana UPI.

 

 

Noeng Muhadjir. (1996/1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Keempat: Analisis dan Refleksi. Ditjen Dikti Depdiknas, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagpro Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unit PengelolaPenelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Unit Kendali Mutu Penelitian Sekolah Dasar di IKIP Yogyakarta.

Rochiati  Wiriaatmadja. (2006). Metode Penelitian Tindakan kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sumarno, (1996/1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Ketiga: Pemantauan dan Evaluasi. Ditjen Dikti Depdiknas, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagpro Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unit PengelolaPenelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Unit Kendali Mutu Penelitian Sekolah Dasar di IKIP Yogyakarta.

Suyanto. (1996/1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Bagian Kesatu: Pengenalan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Ditjen Dikti Depdiknas, Proyek Pendidikan Tenaga Akademik Bagpro Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unit PengelolaPenelitian Pendidikan Sekolah Dasar, Unit Kendali Mutu Penelitian Sekolah Dasar di IKIP Yogyakarta.

Suwarsih Madya. (1994). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

F.     Materi Perkuliahan

 

Mg ke Topik yang dibahas Kegiatan Buku Sumber
1-2

 

 

 

 

 

Konsep dasar Penelitian Tindakan

  1. Pengertian
  2. Karakteristik
  3. Tujuan
  4. Manfaat
  5. Kelebihan / kekurangan

 

 

Menjelaskan silabus

Menjelaskan konsep

Dasar Penelitian Tindakan (pengertian, Karakteristik, Tujuan dan manfaat Penelitian Tindakan

Tanya jawab

 

 

Depdiknas (2-5)

Suwarsih (1-18)

Suyanto (1-11)

Burhanuddin (41-48)

Rochiati (3-18)

Wardani (1.1 – 1.28)

 

3

 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

  1. Beda PTK dan Penelitian formal
  2. Keunggulan PTK
  3. Kelemahan PTK
  4. Kondisi yang diperlukan untuk PTK
  5. Siklus PTK

 

Menjelaskan pengertian dan perbedaan PTK dan penelitian pendidikan lainnya, kelebihan dan kekuran PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih (13 – 15)

Depdiknas (2-5)

Burhanuddin (53-58)

Wardani (1.1 – 1.28)

Rochiati (3 – 60)

 

 

4

 

Mencari Masalah untuk PTK

  1. Fokus masalah
  2. Permasalahan yang terjadi di kelas
  3. Pertimbangan dalam mencari masalah untuk PTK

 

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan cara mencari masalah yang dapat dipecahkan melalui PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih  (25 – 30)

Suyanto (17-19)

Rochiati (79 – 94

Wardani (2.1 – 2.13)

 

 

5 – 6

 

Langkah-langkah PTK

a.       Pertanyaan dalam analisis masalah PTK

b.      Merumuskan hipotesis Tindakan

c.       Analisis Kelayakan solusi

 

embahas tugas yang lalu

Menjelaskan disain  dan prosedur PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih  (19 – 24)

Soedarsono (12 – 22)

Wardani (2.1 – 2.33)

Rochiati (79 – 94)

 

7

 

Penulisan Proposal PTK

a.       Penetapan judul

b.      Identifikasi Masalah

c.       Perumusan Masalah

d.      Rencana Perbaikan

e.       Alternatif Tindakan

f.       Rencana Pelaksanaan PTK

g.      Pemantauan

 

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan langkah membuat proposal, teknik dan alat pengumpul data dalam PTK

Tanya jawab/latihan

 

Suwarsih (33- 40)

Depdiknas (21-23)

Wardani (3.1 – 3.30)

 

 

8 Penyebab Kegagalan Tindakan dan Rencana Tindak lanjut Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan kemungkinan penyebab kegagalan tindakan dan menyusun rencana tindak lanjut

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih (41 – 57)

Sudarsono (1 – 11)

 

9

 

Ujian Tengah Semester    
10 -11

 

Rencana Pelaksanaan PTK

  1. Setting Penelitian
  2. PTK dengan Pembelajaran
  3. Tahap Perencanaan
  4. Siklus Penelitian
  5. Pertemuan Kolaborasi

 

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan rencana pelaksanaan PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih  (53-58)

Sudarsono (12 – 25)

Wardani (4.1 – 4.36)

 

12

 

Teknik pengumpulan data dan pemantauan PTK

a.       Dokumen Otentik

b.      Catatan lapangan, harian dan anekdot

c.       Checklist interaksi

d.      Rekaman audio, video, slide

Penampilan subjek penelitian tiap kelas

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan teknik pengumpulan data dan pemantauan PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Suwarsih (33 – 40)

Sumarno (1 – 25)

Burhanuddin (69 – 71)

Ruchiati (95 – 133)

 

 

13

 

Analisis dan Refleksi PTK

a.       Analisis Perenungan

b.      Analisis Siklus 1: (Perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi)

c.       Analisis Siklus 2 dst

d.      Pertemuan Kolaborasi

 

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan teknik analisis dan refleksi PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Muhadjir (1 – 21)

Depdiknas (10 – 14)

Ruchiati (135 – 153)

 

 

14-15

 

Penulisan Laporan PTK

a.       Pendahuluan

b.      Kajian Pustaka

c.       Metode Penelitian

d.      Hasil Penelitian

Kesimpulan dan Saran

Membahas tugas yang lalu

Menjelaskan teknik dan model laporan PTK

Tanya jawab

Latihan

 

Depdiknas (35 – 45)

Yasin (99 – 125)

Ruchiati (155 – 212)

16

 

Review Perkuliahan

 

Pembahasan tugas

 

 
17 Ujian Akhir Semester    

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s