Silabus Pengantar TP

SILABUS MATA KULIAH

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nama Mata Kuliah      : Pengantar Teknologi Pendidikan

Kode Mata Kuliah       : KTP 102

Bobot Mata Kuliah      : 3 SKS

Dosen Pembina             : 1. Drs. Syafril, M.Pd.

2. Dra. Eldarni, M.Pd.

A.    Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Pengantar Teknologi Pendidikan  pada program studi Teknologi Pendidikan merupakan kelompok mata kuliah Keahlian dan Keilmuan yang memberikan pengetahuan dan pengalaman yang mendasar kepada mahasiswa sebagai dasar untuk mempelajari mata kuliah keahlian berkarya dalam bidang teknologi pendidikan. Dalam mata kuliah ini dibahas tentang pengertian dan hakekat teknologi pendidikan, perkembangan TP serta hubungannya dengan ilmu-ilmu lain yang menjadi landasan teknologi pendidikan. TP sebagai teori, bidang garapan dan profesi. ranah TP dan pengembangannya, pengaruh penerapan TP terhadap proses pendidikan dan kebijakan pendidikan saat ini dan masa datang dan beberapa contoh penerapan TP yang telah dilakukan di Indonesia dan beberapa negara lain.

B.     Kompetensi yang diharapkan

Setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :

1.      Mahasiswa mampu menjelaskan pengertian dan hakekat teknologi pendidikan.

2.      Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah perkembangan TP.

3.      Mahasiswa mampu menjelaskan konsep TP sebagai teori, bidang garapan dan profesi.

4.      Mahasiswa mampu menjelaskan ilmu yang menjadi landasan TP

5.      Mahasiswa mampu menjelaskan ranah kegiatan TP.

6.      Mahasiswa mampu menjelaskan pengaruh penerapan TP terhadap proses dan kegiatan pendidikan.

7.      Mahasiswa mampu memberi contoh beberapa penerapan TP di Indonesia dan negara lain.

C.    Sistem Penilaian

Mahasiswa yang akan diberi nilai adalah mahasiswa yang terdaftar dan mengikuti mata kuliah tidak kurang dari 80% dari kegiatan perkuliahan dan melengkapi semua tugas yang diberikan. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam pemberian nilai adalah : kehadiran dalam kuliah, partisipasi, hasil ujian tengah semester, hasil ujian akhir semester, tugas dan latihan. Pemberian bobot nilai adalah sebagai berikut :

 

No Aspek yang dinilai Persentase penilaian
01.

02.

03.

04.

Ujian Tengah Semester

Ujian Akhir Semester

Tugas/Latihan

Partisipasi/Aktivitas

30%

35%

20%

15%

  Jumlah 100%

 

D.    Tugas yang Harus Dikerjakan

Dalam  mata kuliah ini mahasiswa dituntut untuk menyelesaikan tugas-tugas sebagai berikut :

1.      Membaca/membuat resume materi kuliah  yang akan dibahas tiap kali pertemuan

2.      Membuat tugas kelompok untuk dipresentasikan sesuai dengan topik yang ditentukan

3.      Membuat makalah akhir dengan topik yang ditentukan dalam perkuliahan

 

E.     Buku Sumber

1. AECT. (1986) Definisi Teknologi Pendidikan. Terjemahan Arief Sukadi Sadiman, dkk.  Jakarta: CV Rajawali.

2. Depdikbud UT. (1985)  Materi Dasar Akta Mengajar V, Teknologi Instruksional. Jakarta: UT

3.      Fred Percial dan Henry Willington. (1988). Teknologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga

4. Mudhoffir. (1986) Teknologi Instruksional. Bandung : CV Remaja Karya

5. Nana Sudjana dan Achmad Rivai. (1989) Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru

6. Warijan. SMP Terbuka. (Makalah)

7. Yusufhadi Miarso, dkk. (1984) Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: CV Rajawali

8. Yusufhadi Miarso. (1982) Landasan Falsafah Teknologi Pendidikan. Jakarta

9. Yusufhadi Miarso. (1989) Teknologi Pendidikan dan Pembangunan Masa Depan. (Makalah)

10. Yusufhadi Miarso. (1984) Pengantar Teknologi Pendidikan. Jakarta: P2T FPS IKIP Jakarta

11. Barbara Seel  (1994) Teknologi Pengajaran. Terjemahan

F.     Materi Perkuliahan

 

Minggu ke Topik/Kegiatan yang dilakukan Kegiatan Buku Sumber
1

 

 

 

 

 

 

Penjelasan Silabus dan Tujuan mata Kuliah

a.       Penjelasan Silabus

b.      Tujuan Perkuliahan

c.       Tugas yang harus dikerjakan

d.                  Aturan Perkuliahan

 

Menjelaskan Silabus

Menjelaskan teknik perkuliahan dan tugas yang akan dikerjakan

 

 

 

Buku 1 (1-18)

Buku 3 (1-17)

Buku 4 (5-12)

Buku 8 (1-13)

Buku 10 (11-28)

 

2

 

Pengertian Teknologi Pendidikan

a.       Hakekat Teknologi Pendidikan

b.      Beberapa definisi TP

 

 

Menjelaskan  pengerti-an teknologi pendidikan dilihat dari beberapa definisi dan tinjauan TP secara hakiki

Mendiskusikan beberapa pengertian TP yang dikemukakan oleh para ahli

Buku 1 (1-18)

Buku 3 (1-17)

Buku 4 (5-12)

Buku 8 (1-13)

Buku 10 (11-28)

 

3 – 4

 

Perkembangan TP dan hubungannya dengan ilmu-ilmu lain yang relevan Menjelaskan perkembangan TP

Mendiskusikan beberapa ilmu yang relevan dengan TP dan berpengaruh terhadap perkembangan TP

 

 

Buku 1 (31-61)

Buku 2 (23-30)

Buku 5 (13-21)

Buku 7 (143-208)

Buku 8 (13-30)

Buku 10 (40-77)

 

5 – 6 Kawasan dan Ranah Teknologi Pendidikan

 

 

Menjelaskan kawasan TP

Mendiskusikan pekerjaan sesuai dengan kawasan TP

 

 

Buku 1 (1-18)

Buku 10 (1-28)

 

 

7 – 8

 

TP sebagai Konstruk teoritik, bidang garapan dan profesi Menjelaskan TP ditinjau dari dasar teoritis, Bidang garapannya dan TP sebagai suatu profesi

Mendiskusikan ketiga aspek tersebut

Buku 1 (19-29)

Buku 8 (1-13)

Buku 1 (67-98)

 

9

 

UJIAN TENGAH SEMESTER

 

 

   
10 Pengaruh Penerapan TP pada :

a.       Organisasi Kurikulum

b.      Pola Instruksional

c.       Pengambilan keputusan tentang pendidikan

 

 

Menjelaskan pengaruh penerapan TP terhadap organisasi kurikulum, pola pembelajaran dan model pendidikan

Mendiskusikan tentang pengaruh penerapan TP kepada tiga aspek tersebut

 

Buku 1 (105-122)

Buku 4 (26-33)

Buku 7 (3-30)

Buku 10 (28-77)

 

11 – 12

 

 

Beberapa penerapan TP di Indonesia:

a.       Sistem Belajar Jarak jauh

b.      Penggunaan Modul dan Paket Belajar

c.       Radio Pendidikan

d.      Televisi Pendidikan

e.       PKP dan CBSA

f.       CAI dan Internet

 

 

Mendiskusikan beberapa bentuk penerapan TP yang telah dilakukan dan permasalahannya dalam penerapan dalam kegiatan pendidikan

 

Buku 3 (137-153)

Buku 5

Buku 6

Buku 7 (209-315)

 

 

13 – 14 Penerapan TP di negera maju dan negara berkembang

 

 

Mendiskusikan beberapa penerapan TP yang telah dilakukan dalam berbagai negara dalam rangka mengejar ketertinggalan dalam pendidikan dan pemerataan pendidikan

 

Buku 3 (50-64)

Buku 7 (317-357)

 

 

15 – 16 Penerapan TP dan Pengaruhnya terhadap pendidikan saat ini dan masa depan

 

Mendiskusikan dampak penerapan TP untuk pendidikan saat ini dan masa yang akan datang dan usaha meningkatkan mutu pendidikan dengan penerapan TP

 

Buku 3 (154-164)

Buku 9

Buku 10 (78-100)

 

 

18 UJIAN AKHIR SEMESTER    

 

 

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

2 Balasan ke Silabus Pengantar TP

  1. putri lidya berkata:

    thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s