Statistik

BAB I

KONSEP DASAR STATISTIK

 

Pendahuluan

Istilah statistik banyak digunakan dalam berbagai bidang kehidupan. Orang menggunakan statistik untuk melaporkan perkembangan harga, perkembangan bayi, hasil pertanian. Sekolah menyampaikan perkembangan dan keadaan jumlah siswa, nilai hasil ujian  dan sebagainya juga menggunakan statistik.

Tujuan

Setelah mempelajari bab ini, diharapkan mahasiswa akan dapat :

1.      Menjelaskan pengertian dan kegunaan statistik dalam pendidikan

2.      Membedakan 4 macam skala pengukuran dalam statistik

3.      Menjelaskan pengertian istilah yang digunakan dalam variabel penyelidikan

 

A. Pengertian

Statistik merupakan alat bantu untuk memberikan gambaran atas suatu kejadian melalui bentuk yang sederhana, baik berupa angka-angka maupun grafik. Statistik bekerja dengan angka-angka, tidak ada statistik yang terlepas dari angka, oleh sebab itu setiap pengguna statistik harus terbiasa dengan angka-angka. Angka merupakan pernyataan verbal atas objek yang disampaikan. Statistik dapat dikatakan sebagai sekumpulan cara maupun aturan yang berkaitan dengan pengumpulan, pengolahan, penarikan kesimpulan atas data yang berbentuk angka, dengan menggunakan suatu asumsi tertentu. Statistika pada dasarnya merupakan suatu prosedur untuk mengolah informasi (data) kuantitatif sedemikian rupa sehingga informasi tersebut mempunyai arti

Mempelajari statistik pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, asal dilakukan secara bertahap, sebab setiap uraian yang ada dalam statistik hampir selalu didasari kepada konsep dan uraian sebelumnya. Oleh sebab itu mempelajari statistik tidak mungkin dilakukan secara meloncat, di bagian tengah saja, tetapi harus dimulai dari awal secara teratur dan bertahap. Mempelajarai statistik tidak akan bermanfaat kalau hanya mempelajari konsep dan teori-teorinya saja. Statistik merupakan pengetahuan praktis yang harus diaplikasikan bagaimana penggunaannya dan perlu latihan.

Pada dasarnya ada dua macam statistik, yaitu (1) Statistik deskriptif, dan (2) Statistik Inferensial. Statistik deskriptif merupakan statistik sederhana yang berfungsi untuk menggambarkan data yang terkumpul, tetapi tidak bisa digunakan untuk menggeneralisasi kepada kondisi lain. Dengan statistik memungkinkan peneliti dapat melukiskan dan merangkum data atau hasil pengamatan yang telah dilakukannya. Statistik deskriptif lebih banyak digunakan untuk mempermudah dan menyederhanakan penyampaian  data dan informasi secara lebih cepat dan tepat. Statistik inferensial adalah statistik yang digunakan untuk membuat generalisasi kepada kelompok yang lebih luas dari data yang terkumpul. Dengan statistik memungkinkan peneliti dapat menetapkan seberapa jauh ia dapat menyimpulkan bahwa gejala yang diamati dalam kelompok yang terbatas (sampel) akan berlaku juga pada populasi yang lebih besar. Dengan kata lain, seberapa jauh peneliti dapat menggunakan penalaran deduktif untuk menyimpulkan bahwa apa yang diamati pada sampel juga akan berlaku pada populasi keseluruhan. Statistik inferensial lebih kompleks dan lebih rumit dari statistik deskriptif, karena memang akan digunakan untuk menggeneralisasi data kepada kawasan yang lebih luas. Kedua prosedur statistik ini perlu diketahui oleh para peneliti agar dapat menjelaskan hasil penelitian kepada pembaca dan dapat menggeneralisasikan hasil penelitian tersebut dengan tepat.

Penggunaan statistik mempunyai beberapa fungsi penting, di antaranya :

1.      Memungkin untuk mencatat data secara lebih eksak

2.      Mengharuskan peneliti menganut tata fikir dan tata kerja yang pasti

3.      Menyediakan cara meringkas data ke dalam bentuk yang lebih banyak artinya.

4.      Memberikan landasan untuk meramalkan secara ilmiah tentang suatu gejala yang diketahui.

5.      Memungkinkan peneliti menganalisis data yang kompleks

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s