Silabus Seminar TP

SILABUS MATA KULIAH

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

 

Nama Mata Kuliah                              : Seminar Teknologi Pendidikan

Kode Mata Kuliah                 : KTP 134

Bobot Mata Kuliah               : 3 SKS

Dosen Pembina                      : 1. Drs. Syafril, M.Pd.

2. Dra. Zuwirna, M.Pd.

A.  DESKRIPSI MATA KULIAH

Seminar teknologi pendidikan membahas masalah-masalah yang berkaitan dengan teknologi pendidikan secara konseptual dan penerapannya di lapangan. Masalah yang dipilih kemudian ditulis dalam bentuk makalah dan diseminarkan di bawah bimbingan dosen pembina mata kuliah seminar TP. Seminar ditekankan pada pembahasan aspek-aspek teoretis/konseptual dan aplikasi praktis TP. Prasyarat untuk mengambil mata kuliah ini mahasiswa harus telah lulus mata kuliah Bimbingan Karya Ilmiah.

B.  TUJUAN MATA KULIAH

Setelah mengikuti perkuliahan seminar TP ini diharapkan mahasiswa dapat :

1.      Lebih sensitif melihat permasalahan teknologi pendidikan secara konseptual maupun yang terjadi di lapangan dan menuangkannya dalam bentuk makalah yang siap untuk diseminarkan

2.      Mampu menyajikan makalah dalam forum seminar

3.      Mampu mempertahankan ide yang dikemukakan.

4.      Mampu mengemukakan pendapat dan tanggapan dalam forum seminar

5.      Mampu merumuskan hasil seminar.

 

C.  KEGIATAN PERKULIAHAN

Kegiatan yang dilakukan dalam seminar TP ini terdiri dari :

1.      Orientasi perkuliahan

2.      Penjelasan teknis pelaksanaan seminar serta pembagian tugas-tugas mahasiswa dalam seminar

3.      Persiapan pembuatan makalah oleh masing-masing mahasiswa

4.      Pelaksanaan seminar secara bergantian menyajikan makalah yang ditulis sesuai dengan jadual  dan tugas masing-masing yang ditentukan

5.      Evaluasi terhadap proses seminar dan perumusan hasil seminar

6.      Perbaikan makalah dan membundelnya sebagai hasil seminar

D. PENILAIAN

Penilaian seminar TP dilakukan terhadap semua tahap dan kegiatan seminar yang dilaksanakan. Mahasiswa baru diberi nilai jika mengikuti semua kegiatan seminar  TP dan hadir paling kurang  80 % dari jam  kuliah seminar TP. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam penentuan nilai mahasiswa adalah sebagai berikut :

 

No. Aspek yang dinilai Bobot Nilai
1.

2.

3.

4.

5.

6.

Isi Makalah (isi dan format penulisan)

Kemampuan menyajikan dan penguasaan isi makalah

Kemampuan mempertahankan makalah

Kemampuan menanggapi makalah dan partisipasi

Kemampuan mengelola seminar (moderator)

Partisipasi

20

15

15

20

10

20

  Jumlah 100

E.  PELAKSANAAN SEMINAR

Seminar dilaksanakan secara bergantian oleh setiap mahasiswa yang mengambil mata kuliah seminar TP. Dengan demikian setiap mahasiswa mendapat giliran untuk menjadi pemakalah, penanggap utama, moderator dan notulis yang diatur sesuai dengan jadual. Setiap mahasiswa peserta seminar wajib menulis sebuah makalah yang berkaitan dengan TP untuk disampaikan dalam seminar. Makalah masing-masing mahasiswa peserta seminar telah siap pada hari pertama jadual seminar TP dan diperbanyak sejumlah mahasiswa yang mengikuti mata kuliah seminar TP ditambah 2 rangkap untuk dosen pembimbing. Pemakalah menyajikan makalahnya sesuai dengan session  lebih kurang selama 15 menit dan kemudian moderator memberikan kesempatan kepada penanggap utama terlebih dahulu untuk menanggapi makalah tersebut. Penanggap utama bertugas untuk menanggapi makalah yang ditulis oleh pemakalah dan diberi kesempatan pertama sebagai penanggap sebelum peserta lainnya menaggapai makalah tersebut. Moderator bertugas untuk mengatur kelancaran jalannya seminar pada sesien yang bersangkutan. Notulis bertugas untuk mencatat hal-hal penting dalam kegiatan seminar. Peserta seminar diberi kesempatan untuk menggapi makalah sesuai dengan waktu yang tersedia yang diatur oleh moderator. Makalah yang sudah diseminarkan harus diperbaiki dan disempurnakan  oleh pemakalah sesuai dengan saran dan masukan dalam kegiatan seminar. Makalah yang telah diperbaiki kemudian dikumpulkan oleh ketua kelompok untuk dibundel menjadi kumpulan makalah seminar dan diserahkan kepada dosen pembimbing sebanyak 3 rangkap paling lambat pada hari jadual ujian semester. Pelaksana dan jadual seminar diatur seperti pada lampiran.

FORMAT  MAKALAH

Makalah yang ditulis untuk seminar TP adalah masalah yang berkaitan dengan Teknologi pendidikan  Makalah ditulis  dalam  3 bab (bagian) yaitu :

Bab I  Pendahuluan yang terdiri dari :

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Perumusan Masalah
  3. Tujuan dan Kegunaan Penulisan

Bab II Pembahasan yang terdiri dari :

  1. Kajian Teoritis
  2. Pembahasan

Penulisan bab II ini bisa ditulis secara terpisah antara  kajian teoritis dan pembahasan, dapat juga dilakukan dengan menggabungkan sekaligus antara kajian teoritis yang dikaitkan langsung dengan pembahasan untuk memecahkan permasalahan yang diajukan pada bab I

Bab III Kesimpulan dan Saran yang terdiri dari :

  1. Kesimpulan
  2. Saran-saran

Pada bagian akhir ditulis daftar kepustakaan .

Penulisan makalah mempedomani penulisan karya ilmiah yang standar dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan EYD. Makalah yang ditulis tidak boleh kurang dari 8 halaman.  Makalah tidak perlu diberi kata pengantar dan daftar isi, cukup diberi cover yang berisi tentang judul makalah, identitas penulis makalah secara lengkap dan kemudian halaman berikutnya langsung masuk dalam Bab I dari makalah.

 

Padang,

Dosen Pembimbing Seminar TP :

1.      Drs. Syafril, M.Pd.

2.      Dra. Zuwirna, M.Pd.

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s