Silabus Evaluasi Pembelajaran

SILABUS MATA KULIAH

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI PENDIDIKAN

Nama Mata Kuliah       : Evaluasi Pembelajaran

Kode Mata Kuliah        : KTP 176

Bobot Mata Kuliah       : 3 SKS

Dosen Pembina             : 1.  Drs. Syafril, M.Pd.

2.  Nofri Yanti, M.Pd.

A.     Deskripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran pada program studi Teknologi Pendidikan merupakan mata kuliah Keahlian Berkarya. Untuk mengikuti mata kuliah ini mahasiswa harus sudah mengambil mata kuliah Statistika dan Statistika Lanjutan.  Mata kuliah ini berfungsi untuk menunjang mata kuliah Penelitian. Mata kuliah ini berisikan tentang pengertian, tujuan, dan fungsi penilaian, penggunaan hasil penilaian dalam pendidikan pada umumnya dan dalam pembelajaran pada khususnya, prosedur pengembangan alat penilaian, persyaratan alat penilaian dan analisis butir soal, cara pemberian skor dan mengkonversikannya dengan pendekatan PAP dan PAN. Latihan menyusun soal, menskor dan menganalisis serta mengkonversikan menjadi nilai Oleh sebab itu mahasiswa dituntut untuk menguasai konsep penilaian secara rinci dan mampu membuat soal dan menganalisis hasilnya. Di samping itu bisa membuat instrument untuk penilaian dalam bentuk non tes.

B.     Kompetensi yang diharapkan

Setelah mengikuti mata kuliah ini kompetensi yang diharapkan dimiliki oleh mahasiswa adalah :

1.      Mahasiswa memahami pengertian, fungsi dan tujuan dan prinsip penialaian

2.      Mahasiswa dapat memahami prosedur penilaian dan teknik penilaian

3.      Mahasiswa dapat memahami syarat tes dan alat penilaian yang baik

4.      Mahasiswa dapat membuat kisis-kisi soal dan instrumen

5.      Mahasiswa dapat menyusun butir soal dan instrument bentuk non tes

6.      Mahasiswa dapat menganalisis soal dan memperbaikinya

7.      Mahasiswa dapat mengolah sor ujian menjadi nilai

8.      Mahasiswa dapat membuat laporan hasil penilaian

C.     Sistem Penilaian

Mahasiswa yang akan diberi nilai adalah mahasiswa yang terdaftar dan mengikuti mata kuliah tidak kurang dari 80% dari kegiatan perkuliahan dan melengkapi semua tugas yang diberikan. Hal-hal yang dipertimbangkan dalam pemberian nilai adalah : kehadiran dalam kuliah, partisipasi, hasil ujian tengah semester, hasil ujian akhir semester, tugas dan latihan. Pemberian bobot nilai adalah sebagai berikut :

No Aspek yang dinilai Persentase penilaian
01. 

02.

03.

04.

Aktivitas dan partisipasi 

Ujian Tengah Semester

Ujian Akhir Semester

Tugas/Latihan

15% 

30%

35%

20%

Jumlah 100%

D.    Tagihan

Mahasiswa yang mengikuti perkuliahan harus membuat tugas sebagai berikut

    1. Membuat Resume perkuliahan setiap minggu tentang materi yang akan dibahas
    2. Membuat rencana penilaian
    3. Membuat soal
    4. Mengujicobakan soal
    5. Mengolah hasil uji coba menjadi nilai
    6. Menganalisis soal yang telah dicobakan untuk mengetahui validitas, reliabilitas, indek kesukaran dan daya pembeda, analisis distraktor
    7. Membuat laporan tugas 2 sampai 6 dan mnyerahkannya secara lengkap
    8. Menyusun instrumen penilaian teknik non tes
    9. Menguji cobakan intrumen non tes
    10. Menaganalisis hasil uji coba non tes
    11. Membuatl laporan tugas 8 sampai 10

E.     Buku Sumber

1. Suharsimi Arikunto, (2007) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

2. M. Ngalim Purwanto, (1986). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran Bandung: CV Remaja Karya

3. Cony Semiawan Stamboel, (1986) Prinsip dan Teknik Pengukuran dan Penilaian di dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: PT Mutiara Sumber Widya.

4. T. Raka Joni, (1984) Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Surabaya: Karya Anda.

5.      Nana Sudjana, (1990) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

6.      Sumarna Surapranata dan Muhammad Hatta, (2004)  Penilaian Portofolio. Bandung: Remaja Rosdakarya.

7.      Asnelly Ilyas, (2006) Evaluasi Pendidikan. Batusangkar : STAIN Batusangkar.

F.      Materi Perkuliahan

Mg 

Ke

Topik Kegiatan Buku Sumber
1

 

 

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

3

 

 

4

 

 

5

 

 

 

 

6

 

 

 

 

7 -8

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9

 

10  – 11

 

 

 

 

12 -

13

 

 

 

14

 

15

 

 

16

 

17

 

Pengertian dan konsep tentang: 

- Pengukuran

- Penilaian

- Evaluasi

 

 

 

-   Tujuan dan Fungsi Evaluasi dalam proses pembelajaran

 

 

 

-         Prinsip – prinsip penilaian

-         Ciri-ciri Penilaian

 

-         Teknik dan Alat Penilaian

-         Proses dan prosedur penilaian

Persyaratan penilaian dalam pendidikan

-         Validitas

-         Reliabilitas

-         Praktis

Penyusunan Soal

-         Membuat Rencana Tes

-         Merancang kisi-kisi

-         Bentuk Tes Objektif

Lanjutan

-         Bentuk Tes Uraian

-         Kelebihan dan kekurangan

-         Pedoman penyusunan Tes

-         Pemberian Skor (Nilai)

Analisis Tes

-         Pengujian Validitas

-         Reliabilitas

-         Daya Pembeda

-         Tingkat Kesukaran

-         Efektif  Distraktor Tes

 

Ujian Tengah Semester

 

Pengolahan Hasil Tes

-         Skoring

-         Acuan Penilaian (PAP dan PAN)

-         Penentuan Nilai

 

Teknik Non Tes dalam penilaian

-         Macam-macam non tes

-         Penyusunan instrumen non tes

Pengolahan Data Non Tes

 

Penilaian Portofolio

 

Pelaporan Hasil Penilaian

Review Perkuliahan

Ujian Akhir Semester

 

Penjelasan Silabus dan Kegiatan perkuliahan 

Penjelasan pengertian dan konsep pengukuran, penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar

Tanya jawab

Latihan

Membahas tugas/latihan

Menjelaskan tujuan, dan fungsi evaluasi dalam proses pendidikan dan pembelajaran

Mendiskusikan prinsip-prinsip penilaian dan ciri-ciri penilaian dalam pendidikan

Mendiskusikan beberapa teknik dan alat penilaian serta prosedur penilaian

 

Mendiskusikan persyaratan penilaian dalam pendidikan

 

 

Mendiskusikan  prosedur dan langkah pembuatan Tes

 

 

Mendiskusikan kelebihan dan kekurangan serta prosedur penyusunan tes dan latihan menyusun tes

 

 

 

 

-  Menguji validitas, reliabilitas, daya pembeda dan tingkat kesukaran dari tes yang sudah dicobakan dan merevisi soal

 

 

 

 

 

 

Menjelaskan cara pemberian skor dan nilai serta berlatih memberi skor dan menilai

 

 

Mendiskusikan jenis dan macam non tes serta prosedur penyusunan teknik non tes

 

 

Menganalisis data hasil non tes

Menyusun porto folio

Menjelaskan cara penulisan laporan hasil penilaian

Mendiskusikan dan mereview materi kuliah

Membahas materi yang kurang jelas

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, dan 7 

 

 

 

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

 

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

Buku 6 da 7

 

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

Buku 1, 2, 3, 4, 5, 6 dan 7

 

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s